Akhirnya, TOL PERTAMA di Kalimantan Diresmikan

PORTALBALIKPAPAN.COM – Setelah ditunggu-tunggu sekian lama, akhirnya TOL Balikpapan – Samarinda atau belakangan akrab disebut TOL BALSAM resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Selasa 17 Desember 2019 siang.

Dari 5 seksi yang ada, telah selesai 3 seksi sepanjang 58 km dari total 99,3 km. Jadi kurang 2 seksi lagi,” kata Jokowi di Kalimantan Timur dilansir dari DETIK.COM.

Dengan hadirnya TOL ini perjalanan dari Balikpapan menuju Samarinda dan sebaliknya yang tadinya sekitar 2 jam bisa menjadi lebih singkat kira-kira 1 jam.

“Yang biasanya dari Balikpapan ke Samarinda, Samarinda ke Balikpapan itu memakan waktu kurang lebih tiga jam. Bila menggunakan jalan tol yang ada sekarang ini paling satu jam atau satu jam seperempat,” ujarnya di pintu gerbang tol Samboja, Samarinda, dilansir dari JAWA POS

Selain itu, lanjut dia, dilansir dari JAWA POS, keberadaan jalan tol akan menunjang kawasan-kawasan produksi di Kalimantan Timur. Seperti industri di sektor kelapa sawit, komoditas batu bara, minyak gas dan komoditas pertanian.

Kemudian, tol tersebut juga akan menjadi akses menuju kawasan ibu kota baru. “Saya minta agar pada 2020 jalan menuju kawasan ibu kota baru sudah mulai disiapkan dan betul-betul tersambung antara jalan tol Balikpapan-Samarinda dan ke kawasan ibu kota,” imbuhnya.

Sumber: DETIK.COM / JAWA POS

61,533 total views, 48 views today

News Feed
Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Lumba-lumba Tanpa Sirip Punggung Ditemukan Mati Terdampar