3:13 pm - Wednesday December 16, 5046

Bukit Alpha Balikpapan

PORTALBALIKPAPAN.COM – Bukit ini berlokasi di area Tempat Pembuangan Sampah Akhir Balikpapan, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur.

Meski lokasinya sama dengan Tempat Pembuangan Sampah, namun, lokasi Bukit Alpha tidak menjadi satu dengan TPA.

Untuk menuju ketempat ini, anda harus menempuh perjalanan sekitar 20 kilometer dari pusat kota dan masih harus menempuh jalan tanpa aspal sejauh kurang lebih 500 meter sebelum tiba di Bukit Alpha.

Jalan masuk menuju TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dari Jalan Mulawarman

Jalan masuk menuju TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dari Jalan Mulawarman, Minggu (26/7/2015)

Dari informasi sejumlah pihak, Bukit ini tenar sejak salah satu majalah lokal melakukan sesi pemotretan dilokasi ini pada awal tahun 2015 lalu.

Bukit Alpha Balikpapan semakin tenar saat beberapa anak muda mengunggah foto-foto mereka ke media sosial, sehingga tempat ini pun kemudian menjadi perbincangan hangat di kalangan anak-anak muda Kota Balikpapan.

Papan arah petunjuk masuk menuju Bukit Alpha

Papan arah petunjuk masuk menuju Bukit Alpha, Minggu (26/7/2015)

Ketenaran Bukit Alpha rupanya berbanding terbalik dengan beberapa warga yang bermukim disekitaran tempat ini. Bagi mereka, bukit penuh rumput ilalang ini bukanlah tempat wisata, melainkan hanya perbukitan yang sudah biasa mereka lihat dan lalui setiap hari.

Bahkan, salah satu pemuda sekitar, sempat mengaku kaget saat pertama kali melihat foto-foto Bukit Alpha di media sosial. Awalnya dirinya tidak menyangka, jika foto perbukitan hijau tersebut adalah perbukitan yang lokasinya hanya berjarak beberapa puluh meter dari rumahnya.

Jalan masuk menuju Bukit Alpha

Jalan masuk menuju Bukit Alpha, Minggu (26/7/2015)

Salah seorang warga lain-nya turut mengungkapkan hal yang sama. Menurut warga tersebut, tidak ada yang istimewa di Bukit Alpha, bukit ini hanyalah bukit yang penuh dengan rumput-rumput saja.

Wajar saja jika penduduk sekitar tidak menyebut perbukitan hijau ini sebagai tempat wisata. Pasalnya, jalan masuk menuju Bukit Alpha memang tidak tampak seperti jalan-jalan menuju lokasi wisata pada umumnya.

Akses jalan menuju Bukit Alpha

Akses jalan menuju Bukit Alpha, Minggu (26/7/2015)

Tidak ada area parkir khusus kendaraan roda 2 maupun roda 4. Kendaraan pengunjung hanya diparkir didekat rumah penduduk yang berada tepat dibawah bukit.

Jarak dari tempat parkir menuju Bukit Alpha sangat dekat. Hanya beberapa langkah, puncak Bukit Alpha yang hijau nan asri ini sudah terlihat.

Namun saat ini, Bukit Alpha tampaknya sudah berkurang ketenarannya. Terlihat pada hari ini, Minggu (26/7/2015) siang, bukit yang tampaknya lebih cocok untuk berfoto-foto ketimbang bersantai ini, hanya dikunjungi beberapa anak muda yang tampak tengah asik berfoto-foto selfie.

Ditengah-tengah bukit, terlihat sebuah lapak pedagang yang tampak tidak terawat. Menurut informasi, pedagang ini sudah tidak berjualan lagi lantaran sepinya pengunjung, meski dihari libur.

Lapak pedagang yang sudah ditinggal pemiliknya, Minggu (26/7/2015)

Lapak pedagang yang sudah ditinggal pemiliknya, Minggu (26/7/2015)

Puncak Bukit Alpha, Minggu (26/7/2015)

Puncak Bukit Alpha, Minggu (26/7/2015)

Jika anda hendak berkunjung ke Bukit Alpha, pastikan membawa bekal yang cukup. Karena disini, sudah tidak ada lagi pedagang yang menjajakan makanan dan minuman meski di hari libur.

Berkunjung ke Bukit Alpha, dibutuhkan stamina yang cukup, terlebih disaat terik matahari. Karena, anda akan mendaki perbukitan yang cukup tinggi.

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Pantai Melawai Balikpapan

Danau Cermin Balikpapan