3:11 pm - Wednesday November 23, 2946

Makan Siang Lontong Balap Khas Suroboyo

PORTALBALIKPAPAN.COM – Siang itu, Kamis (24/10/2014) Cuaca di seputaran Kota Balikpapan cukup panas, di tambah lagi harus bermacet ria di sepanjang jalan MT HARYONO. Antrian kendaraan yang cukup panjang semakin menambah rasa lapar pada perut kami. Tujuan kami adalah untuk mencari makan siang di seputaran Jl MT HARYONO, namun berhubung jalan sedang macet dan parkiran juga cukup padat di pinggir jalan maka kami memutuskan untuk makan siang di sebuah warung kaki lima yang terletak di balikpapan permai.

Warung kuliner tersebut adalah warung lontong balap khas surabaya yang berlokasi di kanan jalan pintu masuk terminal balikpapan permai. Dari pantauan kami saat itu warung ini terlihat ramai sehingga kami pun harus antri untuk mendapatkan hidangan ini.

Wikipedia – Lontong balap adalah makanan khas Indonesia yang merupakan ciri khas kota Surabaya di Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari lontong, taoge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal. Lontong balap terdiri dari lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong ini ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari dan dipencet ini bentuk lentho asli lontong balap, berbeda dengan lentho yang dipakai sekarang), kemudian di atasnya ditumpangi kecambah setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diambilkan kuah secukupnya, sambal dan kecap disesuaikan selera pembeli. Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu, beberapa tusuk sate kerang

Proses peracikan

Sekira 5 menit menunggu, pesanan tiba di meja kami. Yah, menu yang bernama lontong balap ! sekaligus ini menjadi pengalaman pertama saya menyantap makanan ini. Dengan campuran toge, tahu, plentho dan taburan bawang goreng serta sambal petis yang pedas menambah nikmatnya santapan lontong balap ini.

Penampakan lontong balap

Anda pecinta lontong balap ? sayang sekali jika anda harus melewatkan tempat satu ini. Warung kaki lima yang sudah berdiri sejak tahun 2007 ini buka mulai pukul 10.00 wita s/d habis. Namun apabila anda datang di atas pukul 13.00 bersiap-siaplah untuk gigit jari karena lontong balap pasti sudah tutup karena sudah habis. *ih

4,027 total views, 4 views today

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
3/5 - 1
You need login to vote.

Gurihnya Bakso Pikulan Seberang Eks Bioskop Nusantara

Ketoprak, Tahu Tek-Tek Versi Jakarta