10:31 pm - Sunday September 22, 2019

Menikmati Pemandangan Laut Sepanjang Jalan Menuju Bunaken

PORTALBALIKPAPAN.COM – Setelah peralatan selam siap, rombongan menuju ke atas kapal yang sudah siap menanti dari tadi. Kapal berkecepatan 11 knot ini akan menuju Pulau Manado Tua kemudian Bunaken yang kebetulan jaraknya tidak terlalu jauh.

Pulau Manado Tua

Kapal di nahkodai oleh seseorang bernama Endy yang sudah menggeluti profesi ini selama 28 tahun lamanya. Kebetulan saat itu cuaca Kota Manado sedang cerah sehingga tampaklah dengan jelas pemandangan laut yang indah dengan langit yang berwarna biru.

Ombak pun tidak terlalu besar sehingga beberapa dari rombongan berani untuk duduk bersantai di atas anjungan kapal sambil menikmati semilir angin dan pemandangan alam di sekeliling. Setelah 30 menit perjalanan, tampak di depan mata pulau Manado Tua yang sudah semakin dekat dan jelas terlihat.

Informasi dari berbagai sumber, Pulau ini memiliki sekitar 3.200 jiwa penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. Masyarakat Manado Tua telah aktif melestarikan terumbu yang rusak dengan bantuan dari pemerintah setempat. Terumbu karang di sini bisa menjadi tempat berlindung ikan-ikan kecil dari para predator.

Snorkeling

Namun sayang saat itu air sedang surut sehingga kapal yang di tumpangi rombongan Garuda Trip tidak bisa merapat ke dermaga. Namun hal ini pun di manfaatkan dengan baik oleh sebagian rombongan untuk bersnorkeling dan sebagian lagi melakukan diving menikmati keindahan terumbu karang yang ada di bawah laut. Kurang lebih 30 menit berhenti, rombongan pun melanjutkan perjalanan ke Taman Nasional Bunaken yang merupakan salah satu tempat menyelam spektakuler di dunia.

Tiba disini, semua rombongan melakukan snorkeling di perairan yang pernah menjadi tuan rumah World Ocean Conference yang pertama pada tahun 2009. Wajar saja, karena tempat ini memiliki panorama bawah laut yang sangat spektakuler.

Perairan di pulau-pulau ini merupakan perairan yang bebas dari limbah sampah dan berbagai polusi yang biasanya datang dari kota. Taman nasional ini dilindungi dari berbagai jenis kegiatan penangkapan ikan dan terumbu karang baik dengan memancing apalagi menggunakan bahan peledak.

Hasil jepretan underwater salah 1 rombongan Garuda Trip

Setelah puas bersnorkeling rombongan melanjutkan perjalanan ke Pulau Bunaken yang sudah terlihat jelas di depan mata. Hanya butuh waktu sekira 10 menit, kapal berkecepatan 10 knot milik Jonath’s ini sudah merapat di Dermaga Pulau Bunaken. Rombongan Garuda Trip pun turun untuk beristirahat dan makan siang di sebuah rumah makan yang menyediakan aneka makanan khas Manado.

bersambung

2,463 total views, 2 views today

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Bersiap Menyeberang Ke Bunaken Lewat ‘Manado Tateli Beach Resort’

Beristirahat Dan Menikmati Makan Siang di Pulau Bunaken