3:11 pm - Thursday November 23, 3172

Mie Yamin “KAJOJO 1945” Balikpapan, Lezatnya Nggak Putus-Putus

PORTALBALIKPAPAN.COM – Di dalam dunia kuliner balikpapan memang Mie Yamin kalah populer dengan keluarganya, mie ayam atau mie pangsit. Tapi di daerah asalnya Pasundan, mie yamin ini termasuk makanan sehari-hari masyarakat sana. Tapi gak ada salahnya kalau kita mencoba nikmatnya mie yamin ini. Bisa di bilang mie yamin dan mie ayam ini serupa tapi tak sama.

Gak banyak penjual mie yamin di kota Balikpapan ini. Salah satu nya atau mungkin satu-satunya penjual mie yamin di balikpapan ini ada di jalan D.I. Panjaitan atau lebih terkenal dengan nama Strat 1.

Siang itu sepulang dari jalan bersama ibu, kami memutuskan untuk makan siang di mie yamin Kajojo ini. Kebetulan ibu saya berasal dari bandung. Mungkin beliau kangen makan makanan asal daerah nya.

Warung mie yamin ini udah ada sejak 4 tahun lalu di Balikpapan. Letak nya kurang lebih 100 meter dari sekolah SMPN 6. Ntah kenapa pemilik warung ini memberi nama warung dengan nama Mie yamin Kajojo 1945. Apakah warung ini sudah ada dari jaman penjajahan? Ah ntah lah, perut keroncongan saya ternyata mengalahkan rasa penasaran saya.

Saya pun memesan mie yamin bakso dan ibu saya memesan mie kocok. Dan walaaaaaa….gak nyampe 10 menit pesanan pun datang. Ittadaakimasssss…….

Mie yamin kajojo ini agak berbeda dengan mie yamin yang sering saya makan di kota bandung, biasanya mie nya berwarna putih, sedangkan mie yamin kajojo ini berwarna kuning keemasan. Mie yamin ini dihidangkan tanpa kuah alias kering, tapi jangan khawatir, kuah nya tetap ada tapi di pisah di mangkuk lain. Selain itu, bahan baku mie memiliki kontur yang padat, dengan tekstur kenyal memanjang dan tidak terputus. Kekenyalan mie yamien ini dibentuk dari tepung berkualitas yang dipadu dengan ragam rempah tradisional pilihan. Mie ini juga menawarkan rasa gurih, manis dan asin. Di tambah aroma maut yang berasal dari toping bawang goreng dan daun bawang. Heavenly!!!!

Untuk kuah nya, rasa kaldu daging sapi nya sangat kuat. Dilengkapi dengan bakso dan kikil (ini tambahan atas permintaan saya sendiri) dan beberapa helai sawi. Sangat pas di lidah jika di campur dengan mie nya.

Nyamsss……slurups….asli lezat nya klop sama mie nya, gak putus-putus nih……

Lebih afdol lagi saya tambahkan kecap manis karena saya emank pencinta makanan manis dan sedikit sambel biar agak sedikit nampol 😀

Selain mie yamin, warung ini juga menjual makanan lain seperti mie kocok, mie yahun, bihun, bakso dan mie bakso.  Masing-masing menu tersebut bisa di pasangkan dengan pelengkap seperti pentol bakso, ceker ayam, babat dan kikil. Semua tergantung selera anda.

Berhubung ibu saya memesan mie kocok bakso kikil, jadi sekalian aja saya kasih liat penampakannya disini.

Untuk harga, seporsi mie yamin bakso kikil di ganjar dengan harga 20k, sedangkan mie kocok bakso kikil seporsi di ganjar dengan harga 22k. Well, cukup mahal tapi sangat recommended buat teman-teman yang berasal dari bandung dan sekitarnya yang kangen dengan makanan jajanan bandung.

Wilujeung tuang!!!! (nieno)

Mie Yamin “ Kajojo 1945 “

Jl. D.I. Panjaitan Strat 1 RT.03 No.01 Gunung Samarinda, Balikpapan

Telp : 0542 – 9179007

Harga

Mie Yamin Bakso Kikil – IDR 20K

Mie Kocok Bakso Kikil – IDR 22K

Buka

11.00 am – 09.00 pm

7,812 total views, 1 views today

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Ketoprak, Tahu Tek-Tek Versi Jakarta

Makan Siang Soto Ayam Lamongan di Balikpapan Baru