5:56 am - Wednesday August 5, 2015

Pantai Melawai Balikpapan

INDAH: Sunset Pantai Melawai. Foto: Describe Indonesia
INDAH: Sunset Pantai Melawai. Foto: Describe Indonesia

PORTALBALIKPAPAN.COM – Pantai melawai Balikpapan adalah Wisata Balikpapan yang cukup populer bagi masyarakat Balikpapan. Saking populernya, area wisata ini nyaris tidak ada sepinya.

Menjelang petang, wisata Pantai Balikpapan ini selalu dipadati pengunjung, karena, menurut pendapat mayoritas pengunjung, Pantai Melawai adalah lokasi terbaik untuk menyaksikan sunset di Kota Balikpapan selain Pantai Banua Patra.

Lokasi pantai melawai jaraknya berdekatan dengan Pantai Monpera, Pantai Kemala dan Pantai Banua Patra. Sama dengan 3 pantai tersebut, di area pantai ini pun tidak dijumpai tempat penyewaan peralatan renang seperti pelampung hingga permainan banana boat.

Karena memang Pantai Melawai tidak cocok untuk berenang karena banyak bebatuan karang pada dasar pantai serta lokasi yang kurang mendukung akibat adanya kapal-kapal milik nelayan yang Parkir disepanjang pinggir pantai, dihari-hari tertentu.

Apabila air sedang surut, pengunjung bisa berjalan-jalan di pasir pantai hingga ke pulau yang berada dekat dengan pantai ini. Masyarakat Balikpapan menyebut pulau ini dengan sebutan Pulau Babi.

Air surut, pengunjung bisa berwisata ke Pulau Babi. (Source: Google)

Air surut, pengunjung bisa berwisata ke Pulau Babi. (Source: Google)

Namun, apabila air laut mulai pasang, pengunjung harus segera meninggalkan Pulau Babi, karena, saat air pasang, pulau ini akan dikelilingi air laut hingga pinggiran pantai melawai.

Menjelang petang, pedagang-pedagang kuliner di pinggiran Pantai Melawai mulai membuka lapak daganganya. Berbagai macam jenis makanan tersedia disini, mulai dari jagung bakar, pisang gapit, nasi goreng, mie pangsit dan sebagainya.

Di pinggiran jalan Pantai Melawai, mini-mini cafe yang menjajakan makanan dan minuman ala cafe juga sangat mudah dijumpai. Di rombong-rombong kecil dan meja-meja, cafe-cafe ini menjual aneka menu ala cafe seperti, kentang goreng, aneka jenis kopi dan lain sebagainya.

Tak ketinggalan, musik hingar bingar pun diputar di mini-mini cafe yang hanya berjarak beberapa meter dari satu cafe ke cafe lainnya. Wajar, karena pengunjung mini cafe – mini cafe ini lebih didominasi oleh anak-anak muda.

Menjelang petang, Cafe-Cafe Mini di pinggir Pantai Melawai mulai buka. (Foto: Get Borneo)

Menjelang petang, Cafe-Cafe Mini di pinggir Pantai Melawai mulai buka. (Foto: Get Borneo)

Bagi yang memiliki hobi photography Landscape, pantai melawai adalah spot yang menarik untuk mendapatkan foto sunset yang indah. Selain sunset yang indah, kapal-kapal nelayan yang di Parkir pun bisa dijadikan objek foto yang menarik. (*)

3,414 total views, 4 views today

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
PENUH BEBATUAN: Dipenuhi bebatuan, Pantai Banua Patra menjadi daya tarik tersendiri. Foto: Benyamin Lakitan

Pantai Banua Patra Balikpapan

20150726_153512_wm

Bukit Alpha Balikpapan