11:19 am - Thursday August 28, 2014

Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan

Written by | January 5, 2012 | 2
Pasar Inpres Kebun Sayur
Pasar Inpres Kebun Sayur

Khusus untuk anda pecinta cinderamata khas kalimantan timur dijamin tak akan pernah jemu memandang kilauan batu yang disuguhkan para pedagang Pasar Kebun Sayur Balikpapan. Walau bernama ‘Kebun Sayur’ namun pasar ini tidak melulu menjual sayur mayur melainkan juga tersedia perhiasan yang terbuat dari batu-batu khas Kaltim yang dirangkai dengan apik hingga menjadi aksesoris yang indah nan cantik. Untuk mencapai tempat ini, anda butuh sekira 1 jam dari Bandar Udara Sepinggan dan sekira 30 menit dari Pelabuhan Semayang Balikpapan sehingga cukup memudahkan para wisatawan yang ingin berbelanja ke sana. Pasar Inpres Kebun Sayur ini terbagi menjadi dua bagian, yang pertama area khusus tempat berbelanja sayur mayur dan yang kedua kedua adalah area penjual pernak-pernik oleh-oleh khas Kaltim termasuk perhiasan manik-manik.

Berbagai macam perhiasan terbuat dari batu terlihat nampak tergantung rapi di salah satu kios perhiasan dan sementara nampak perhiasan gelang dibariskan dalam kotak-kotak kecil di atas etalase. Di dalamnya juga diperlihatkan indahnya batu dan manik-manik yang dibuat untuk memperhias aksesoris bros dan lainnya.

Berbagai macam jenis batu khas asal Kalimantan bisa anda temukan di tempat ini, sebut saja kecubung, batu giok,  kalimaya, mata kucing, blue safir dan lainnya. Pembeli pun dibolehkan membeli batunya saja atau yang sudah berbentuk cincin dari emas asli. Batu ditawarkan bervariasi mulai dari harga Rp 100.000 hingga jutaan rupiah.

Namun bagi anda yang menyukai perhiasan gelang dari batu berwarna warni bisa memperolehnya dengan harga yang cukup murah yaitu di kisaran harga Rp 7.500′an dan Rp 70.000′an untuk harga batu giok dan sejenisnya.

Layaknya pasar pada umumnya, anda sebagai pembeli bisa menawar harga semua pernak pernik batu yang di jual disini, namun harga rata-rata di tempat ini umumnya sama dan seandainya bisa kurang pun turunya tidak banyak berbeda dengan kios-kios lain yang ada disini.  Berbeda halnya dengan oleh-oleh lain seperti gelang akar, kaos maupun gantungan kunci bertuliskan Kalimantan Timur. Selama pembeli pintar menawar, harga suvenir itu bisa turun hingga 50 persen.

Untuk mengitari tempat ini dijamin anda tidak akan kelelahan karena pasar cinderamata khas kalimantan timur ini hanya memiliki satu lantai dengan beberapa kios di dalamnya, serta suasana di dalam pasar ini pun nyaman dan bersih juga lokasi antar satu kios dengan kios yang lainnya tidak terlalu dekat sehingga tidak menimbulkan kesan sumpek.

Makanan khas Kaltim, krupuk amplang, juga tersedia di pasar ini. Harga yang ditawarkan cukup murah mulai Rp 10.000-Rp 25.000 tergantung besar-kecilnya kemasan. Pelayan toko dengan sigap dan ramah akan mempersilakan para pembeli untuk mencicipi makanan kriuk-kriuk tersebut.

 

1,260 total views, 2 views today

Artikel Menarikclose