3:08 pm - Saturday October 20, 9674

Rumah Makan Tanjung Hijrah Balikpapan, Si Juara Kuliner Olahan Daging Kambing

Rumah Makan Tanjung Hijrah Balikpapan

PORTALBALIKPAPAN.COM – “tok..tok..” … suara ringtone bbm android saya berbunyi. Ternyata ada bbm dari temen saya Gerry yang juga merupakan admin kuliner media sosial yang paling populer di Balikpapan.

“bro…ntar sore ada kerjaan nda?”, begitu isi bbm awal. “sore, hmm…kayaknya nda ada bro, Cuma siang aja harus ke bank”, saya balas. “sip, ikut gw ya ntar sore, ada review rumah makan nih, all about kambing pokoknya, sate kambing, gulai kambing, sop kaki kambing , nda sanggup gw ngabisin sendirian nih..”, timpal temen saya.

pengunjung

“wah…siap dah kalau gitu bos!!!” , dengan semangat nya saya membalas. Dan kami pun janjian jam 5 sore bertemu di rumah saya dan berangkat sama-sama. Sesampai di TKP, kami pun langsung di sambut oleh owner rumah makan ini, mas adit. Rupanya doih udah janjian sama temen saya ini. Hmmm…..

Rumah makan Tanjung Hijrah. Yap,,,itu nama rumah makan yang udah cukup lama lejen di kota Balikpapan ini. Dulu seingat saya rumah makan ini berlokasi di daerah pelabuhan semayang. Dan sekarang rumah makan ini sudah pindah ke Jl. Tanjungpura I , Kawasan kuliner kantor pos, tepatnya pas di belakang kantor PT. Inhutani.

Rumah makan Tanjung Hijrah ini udah terkenal dengan menu-menu nya yang berbahan daging kambing. Sate kambing, Gulai kambing, Tongseng kambing dan Nasi goreng kambing merupakan menu andalan disini. Selain daging kambing, disini juga menyediakan menu sate ayam, tongseng ayam dan nasi goreng ayam. Tapi IMHO, rumah makan tanjung hijrah ini lebih memfokuskan di menu daging kambing.

Tempat nya nyaman banget, parkiran mobil pun cukup luas. Selain bersih, rumah makan ini juga menyediakan tempat sholat untuk yang muslim. Suka banget deh saya sama rumah makan / resto yang menyediakan tempat ibadah gini. Gak banyak loh tempat kuliner yang menyiapkan fasilitas tempat ibadah.

Sate Kambing

Setelah ngobrol-ngobrol santai bertiga, yang ternyata mas adit ini juga merupakan kuliner mania seperti saya dan teman saya, makanan kami pun datang.  Jreeenggggg…………………….!!! Kaget juga banyak yang di pesan teman saya….(sesuai body)…hihihihihihihiih….

Sate kambing, gulai kambing, dan 2 menu terbaru Sop kaki kambing dan Krengsengan. Nah…!!! Krengsengan ini bro yang menggugah selera, padahal baru dilihat aja, blum di rasain… *netes…

Tapi karena jaim, saya makan sate kambing nya aja dulu. ENAK!! EMPUK!! Itu yang ada dipikiran saya ketika nyobain sate kambing nya. “Iyes mas, sate kambing ini di olah jadi ngga keras meskipun dingin, dan pastinya ngga berlemak, karna lemak nya udah di pisahin” , mas adit menjelaskan.  Dan gak terasa nasi saya pun abis, malu donk mau nambah nasi putih lagi, jadi untuk menu selanjutnya saya pun berniat menggadohin aja.

Next saya mencoba Krengsengan, wuiiihh………pedas!!! Yap, makanan khas jawa timur ini sejatinya menggunakan petis dan kecap manis yang bertujuan memberikan rasa legit untuk menutupi aroma daging kambing. Tapi ntah mengapa rasa petis krengsengan di sini tidak terlalu kuat tapi aroma daging kambing nya juga tetap tertutup. But, I love it!! Perpaduan

Krengsengan

pedas dan manis nya….wooaaahhh…. hard to describe with words! . Gurih, manis dan pedas mendominasi makanan satu ini, di guyur kuah yang gak terlalu banyak dan bawang goreng menambah kuat rasa dari krengsengan ini.  Secara tampilan, kurang lebih mirip tongseng. Tapi tongseng biasanya lebih berkuah dan pemakaian sayurannya lebih banyak, sedangkan krengsengan lebih mengutamakan pedas dan kekentalan dari kecapnya.

Dan keringat pun bercucuran….pedasssss……………………………Saya nyatakan juara Krengsengan nya!!

Abis meratakan krengsengan, mata pun melirik Sop kaki kambing yang ternyata udah di santap duluan oleh teman saya. Berhubung saya gak terlalu suka makanan berkuah santan, jadi saya cuma ngerasain sedikit saja Sop kaki kambing nya, jesss………….aneh…, koq jadi nagih…….

Sop Kaki Kambing

Seger dan creamy banget kuahnya…..itu lah rasa yang muncul ketika mencoba sop kaki kambing di sini. Dan rupanya menurut pengakuan mas adit, susu yang di gunakan emang rada banyak. Sehingga rasa creamy nya pun tebal dan kuat. Tapi ngga bikin eneg. Di temenin dengan emping, daun bawang serta bawang goreng membuat rasa sop kaki kambing ini makin gurih. You should try this bro!!!

Kenyang, puas dan hati pun bahagia……hhihihihihihihih…..

Dan begitu pulang pun ternyata temen saya memesan krengsengan lagi dibungkus. “Buat istri anak di rumah bro, hehehehe”, ujarnya.

So, buat pencinta kuliner daging kambing di Balikpapan, Rumah makan Tanjung Hijrah ini merupakan tempat yang wajib kalian coba. Ragam menu olahan daging kambing nya seperti sate kambing, gulai kambing, sop kaki kambing dan krengsengan nya Awesome banget!!!. (nieno)

Rumah makan Tanjung Hijrah

Jl. TanjungPura I (Belakang PT. Inhutani) Kantor Pos Balikpapan – (0542) 411301

Harga

Sate Kambing – IDR 4K / Tusuk

Gulai Kambing – IDR 30K

Sop Kaki Kambing – IDR 30K

Krengsengan – IDR 25K

Nasi putih – IDR 5K

Lontong – IDR 5K

Es teh/hgt – IDR 6K

Buka

10.00 am – 10.00 pm

6,868 total views, 3 views today

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Gathering Hunting Bareng Komunitas SHUTTER Balikpapan

Pempek Depot Adilia Karang Rejo