Tekan Kejahatan di Kota Balikpapan, Brimob Polda Kaltim Rutin Patroli Malam

PORTALBALIKPAPAN.COM – Kriminalitas biasanya terjadi pada malam hari ketika masyarakat lengah. Untuk mengantisipasinya, anggota Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim rutin melakukan patroli.

Seperti yang dilakukan anggota Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim di Kota Balikpapan dengan menggunakan motor dinas. Mereka melakukan pemantauan pada jalur-jalur rawan kriminalitas di Kota Balikpapan. Selasa dini hari (10/11/2020).

“Maksud dan tujuan patroli malam hari, untuk melaksanakan pemantauan jalur agar benar-benar aman dari kejahatan malam hari. Kita juga pastikan untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi masyarakat yang melaksanakan aktivitas di malam hari,” papar Plh. Danyon A Pelopor, Kompol V. J. Parapaga, SIK.

Pada kesempatan yang berbeda Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang, SIK menjelaskan patroli yang dilaksanakan Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim rutin baik siang maupun malam hari.

“Tujuannya agar tercipta wilayah hukum Polda Kaltim yang aman dan kondusif. Terutama memberikan rasa aman kepada masyarakat Kota Balikpapan,” ujar John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu, patroli rutin yang dilaksanakannya juga merupakan langka preventif Polri dalam mencegah aksi kejahatan. “Ini sifatnya pencegahan, agar tidak ada masyarakat yang menjadi korban kejahatan malam hari,” tandas John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Kombes John Huntal Sarjananto Sitanggang juga mengimbau masyarakat Kota Balikpapan agar waspada bilamana melintasi jalur yang sepi.

“Bilamana menemukan kriminalitas, lebih baik segera lapor. Kami siap setiap saat untuk masyarakat. Jangan bertindak sendiri,” pungkas John Huntal Sarjananto Sitanggang.

Selain itu upaya pencegahan terhadap penyebaran wabah Covid-19 di Kalimantan Timur terus digencarkan. Hal ini dilakukan untuk menekan bertambahnya jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19, seperti yang dilakukan Kapolda Kalimantan Timur dengan meluncurkan program “ETAM Ba-Masker”.

Gerakan Etam Ba-Masker ini digelar di seluruh jajaran Polda Kaltim diantaranya dengan memberikan himbauan untuk jaga jarak serta mematuhi protokol kesehatan, melakukan razia kepada pengendara yang tidak menggunakan masker, menggelar aksi bagi-bagi masker serta memberikan edukasi dan sosialisasi tentang bahaya Covid-19 kepada warga masyarakat.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. John Huntal Sarjananto Sitanggang mengungkapkan, aksi bagi-bagi masker ini akan terus dilakukan disemua tempat yang menjadi pusat keramaian.

“Saat ini sudah banyak warga yang mulai patuh terhadap protokol kesehatan seperti banyak warga yang sudah menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Dan kita dari pihak Polri akan selalu menyuarakan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dan menerapkan physical distancing diruang publik sesuai program dari Kapolda Kaltim yaitu Etam Ba-Masker,” pungkasnya.

 18,470 total views,  400 views today

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Grafik Kurva Rasio Penularan Covid-19 Membaik, Pemkot Cabut Pembatasan Jam Malam