6:52 am - Monday October 14, 2019

Indonesia Tidak Bisa Menikmati Gerhana Bulan Darah 28 September 2015

Penampakan bulan di langit Balikpapan, Minggu (27/9/2015). Foto: Ibnu

PORTALBALIKPAPAN.COM – Indonesia dipastikan tidak bisa menikmati “Gerhana Bulan Darah” atau Gerhana Bulan Total yang akan terjadi pada hari Senin 28 September 2015 mulai pukul 20.00 WITA karena Gerhana terjadi di pagi hari ketika Bulan masih di bawah horison.

Gerhana Bulan Darah atau Blood Moon hanya bisa disaksikan oleh masyarakat di Pasifik Timur, Amerika, Eropa, Afrika, dan Asia Barat.

Tidak perlu kecewa, meski tidak dapat menikmati Blood Moon, wilayah Indonesia bisa menyaksikan Bulan Purnama Perigee atau Supermoon pada tanggal 28 September 2015 malam.

Selain itu, kita akan dapat menikmati keindahan Gerhana Matahari Total pada tanggal 9 Maret 2016 yang akan melintasi Indonesia dan Gerhana Bulan Penumbral 23 Maret dan 16 September 2016 mendatang.

Diketahui, Gerhana Bulan Total (Blood Moon) akan terjadi pada hari Senin 28 September 2015.

Fase Gerhana Total akan berlangsung selama 1 jam 11 menit 55 detik dari durasi total selama 3 jam 20 menit ketika Bulan masuk dalam bayangan inti Bumi sampai ke luar dari bayangan inti Bumi.

Untuk seluruh proses gerhana mulai dari gerhana penumbra sampai Bulan meninggalkan penumbra Bumi mencapai 5 jam 11 menit.

Gerhana Bulan Total 28 September 2015 merupakan gerhana ke-28 dalam bagian dari Seri Saros 137, yang terdiri dari rangkaian 81 gerhana ketika Bulan berada pada titik turun dan bergerak ke arah selatan.

Saat Gerhana Bulan Total, Bulan justru tampak berwarna merah bata, karena ketika Bulan berada dalam bayangan umbra Bumi, cahaya Matahari masih bisa lolos dan mencapai Bulan.

Hal ini karena Bumi memiliki atmosfer sehingga ketika cahaya Matahari melewati atmosfer Bumi, cahaya pada panjang gelombang hijau sampai ungu disebarkan dan disaring oleh atmosfer.

Hanya cahaya merah yang bisa lolos melewati atmosfer dan menyinari Bulan meskipun sebagian cahaya merah tersebut ada yang dibiaskan atau dibelokkan. (ibnu/langitselatan.com)

13,339 total views, 1 views today

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

3 Pembantai Beruang Madu Berhasil di Tangkap

1 Jamaah Haji Korban Mina di Identifikasi Berasal Dari Embarkasi Balikpapan