11:10 pm - Friday December 6, 2019

Kabut Asap di Balikpapan Belum Masuk Kategori Darurat

KABUT: Penampakan kabut asap di daerah Balikpapan Baru, Jumat (02/10/2015). Foto: Canggih Sugianto

PORTALBALIKPAPAN.COM – Meski kabut asap terasa pekat beberapa hari kebelakang, Pemerintah Kota (PEMKOT) Balikpapan belum menetapkan status Darurat Asap.

Hal ini karena, menurut Pemkot, kondisi kabut asap di Balikpapan masih belum masuk kategori berbahaya sekali.

“Wali Kota sudah edarkan ke seluruh masyarakat dan instansi untuk gunakan masker. Masker ini dibagikan terus, perusahaan juga banyak membantu. Kita bagikan terus kemasyarakat,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Balikpapan, Suryanto, seperti dikutip Okezone Senin (28/9/2015).

Pihaknya menghimbau bagi warga yang beraktivitas diluar rumah untuk menggunakan masker. Apalagi bagi mereka yang kondisi daya tahan tubuh tengah menurun.

“Pakai masker saja. Kita himbau terus terutama untuk pejalan kaki, anak-anak sekolah, mereka yang naik roda dua,” tuturnya

Indeks standar pencemaran udara (ISPU), seperti ditulis Okezone, pada hari Minggu kemarin mencapai angka 134. Bahkan, pada Senin pekan lalu, indeks standar pencemaran udara (ISPU) mencapai 253, sedangkan Senin ini mencapai 128.

“Warga kota tetap disarankan menggunakan masker ketika berada di luar, sebab meski pun belum darurat asap, polusi yang berada di atas 100 indeks standar pencemaran udara (ISPU) tidak baik bagi kesehatan,” kata Suryanto, seperti dikutip Republika Senin (28/9/2015).

Badan Lingkungan Hidup (BLH) pun tidak menetapkan kondisi ini sebagai ‘Keadaan Luar Biasa’ (KLB), sebab, kabut asap tidak selalu pekat dan biasanya sudah hilang menjelang siang. (ibnu/rol/ok)

8,699 total views, 1 views today

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

Parkir di Depan STIE MADANI, Kaca Mobil Milik Polwan di Pecah

Dapat Dollar Dari Google, Begini Caranya