1:46 pm - Monday July 22, 2019

Rayakan HUT RI, 3 RT di Sumber Rejo Siapkan Pertunjukan Operet

PENGGABUNGAN UNSUR BUDAYA DAN MODERN: Tim Dalgombes sedang melakukan mixing di mini Studio RT 40, Sumber Rejo. Foto: Wandi

PORTALBALIKPAPAN.COM – Kumpulan pemuda 3 RT di wilayah Kelurahan Sumber Rejo ini patut diacungi jempol. Mereka yang menamakan dirinya Kumpulan Pemuda DALGOMBES ini sedang menyiapkan sebuah pertunjukan besar yang akan ditampilkan pada perayaan HUT RI Ke-70, akhir bulan Agustus 2015 nanti di Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah.

PRAHARA FITNAH CINTA SANG PENGUASA, demikian bunyi judul dari Operet berlatar belakang Kerajaan Blambangan Banyuwangi, Jawa Timur, yang hingga saat berita ini ditulis masih dalam tahap pengerjaan.

“Operet ini merupakan penggabungan unsur seni budaya tradisional dan modern dengan latar belakang Kerajaan Blambangan,” kata Jatiran, Konseptor sekaligus Sutradara OperetPrahara Fitnah Cinta Sang Penguasa’, Senin (10/8/2015) lalu.

Lebih lanjut, Jatiran atau yang akrab disapa Kang Net ini mengatakan, meski setting operet ini menggunakan latar belakang Kerajaan, namun cerita yang dibawakan didalam operet ini berisi tentang kisah-kisah cinta masa kini.

Tak hanya kisah cinta, sejumlah pesan-pesan edukasi untuk generasi muda juga terdapat didalam Operet berdurasi 90 menit yang rencananya akan diperankan oleh 15 orang pemeran ini.

Meski terjadi penggabungan unsur tradisional dengan modern, Kang Net memastikan, Operet yang didalamnya juga terdapat pesan peringatan tentang bahaya penggunaan narkoba ini, tidak meninggalkan pakem aslinya, dari mulai properti, pakaian, musik, dan sebagainya.

“Banyak yang berfikir, alat musik tradisional tidak bisa digabungkan dengan musik modern, tapi di operet ini nanti bisa disaksikan, musik tradisional dan musik modern berkolaborasi menjadi satu,” katanya optimis.

Sementara itu Edy Kartono, Editor Musik dan Efek, mengatakan, beberapa musik dan sound yang ditampilkan pada opera ini diaransemen sendiri, sisanya untuk intro dan efek-efek suara pada beberapa adegan, mempergunakan rekaman sound yang sudah jadi.

“Nuansa yang ditonjolkan pada operet ini lebih ke etnic, karena menonjolkan percakapan-percakapan kerajaan,” kata Edy.

Penggabungan Seni budaya dengan kisah-kisah masa kini, tentunya akan menjadi sebuah tontonan yang sangat menarik untuk disaksikan.

Mengenai kepastian jadwal pentas, Kang Net yang mengaku sudah membuat lebih dari 10 Operet ini mengatakan sedang dalam tahap penyusunan.

“Saat ini proses mixing masih berjalan, setelah ini selesai, kita rapatkan dengan panitia 17 Agustus untuk menentukan jadwal pementasan, yang pasti akhir bulan agustus ini,” beber Kang Net.

Bagi anda warga Balikpapan, jangan lewatkan pertunjukan seni hasil karya para pemuda dilingkungan RT 37, 39, 40 Kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah. (*/iho)

4,848 total views, 1 views today

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Terima “Curhat” 3 RT Di Sumber Rejo, Heru Bambang: Insya Allah Akan Saya Bantu Selesaikan

Banding, Distamben dan Pemkab Kukar Kembali Kalah Dari JATAM KALTIM