3:08 pm - Thursday October 20, 9639

Ketoprak, Tahu Tek-Tek Versi Jakarta

PORTALBALIKPAPAN.COM – Bagi teman-teman dari jakarta, tentu sudah tidak asing lagi dengan kuliner satu ini. Ketoprak, makanan yang biasa di jajakan keliling menggunakan gerobak dorong yang biasanya mudah dijumpai di jalan-jalan hingga komplek perumahan.

Malam itu tanpa sengaja, PortalBalikpapan[dot]com menonton acara masak memasak di salah satu siaran televisi swasta Indonesia yang membuat makanan Ketoprak. Dan seketika ingat, jika di daerah Gunung Kawi, Jalan Pangeran Antasari, Balikpapan Tengah, ada satu penjual ketoprak Jakarta yang cukup lama  menggelar lapal daganganya disitu.

Tiba dilokasi, ternyata gerobak Ketoprak sudah tidak ada. Ternyata, penjual bergeser beberapa meter dari lokasi asalnya. Tidak hanya gerobaknya yang berpindah, penjualnya pun berganti dari seseorang yang berusia paruh baya, menjadi anak muda. “Penjual sebelumnya itu paman saya, dan sekarang sudah pulang kembali ke jakarta,” katanya.

Gerobak Ketoprak

Bahan utama ketoprak ini simple, yaitu tahu goreng, bihun, mentimun dan taoge yang telah di rebus. Cara penyajianya, lontong di siram dengan bumbu yang terdiri dari bawang putih, saus kacang, kecap di tambah kerupuk. Buat pecinta makanan manis, tentu suka dengan sajian ini. Ketoprak juga bisa disajikan dengan bumbu pedas menggunakan cabe rawit.

Menariknya, bumbu di ulek langsung diatas piring kaca, jadi bukan di ulek di atas cobek seperti gado-gado. Hebatnya, piring tersebut tetap utuh tanpa retak sedikitpun.

Ketoprak di Gunung Kawi ini tidak menggunakan lontong, tetapi ketupat. Ini yang menarik bagi sebagian orang, karena lontong yang dikemas dalam bentuk ketupat, lebih nikmat rasanya ketimbang lontong yang dikemas dalam plastik. Oleh penjual, seporsi menu ketoprak ini di banderol dengan harga Rp 10.000,- . Anda penyuka makanan pedas berbumbu kacang ? Ketoprak Jakarta Gunung Kawi bisa dijadikan pilihan, selamat menikmati (*/nr)

 

 

5,085 total views, 3 views today

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Makan Siang Lontong Balap Khas Suroboyo

Mie Yamin “KAJOJO 1945” Balikpapan, Lezatnya Nggak Putus-Putus