Dukung Kebebasan Berekspresi, Polda Kaltim Gelar Lomba Orasi

PORTALBALIKPAPAN.COM, Balikpapan – Upaya pembenahan diri Polri terus berlanjut. Kali ini, Polda Kaltim melalui Bid Humas Polda Kaltim menggelar Lomba Orasi Unjuk Rasa 2021 “Piala Kapolri”, di halaman Mapolda Kaltim, pada Sabtu (4/12/2021).

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol. Yusuf Sutejo, S.I.K., M.T., mengatakan, lomba orasi ini digelar guna menjadi wadah penampung aspirasi masyarakat, sekaligus upaya edukasi kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan berekspresi di muka umum yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Lomba ini juga dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia yang jatuh pada 10 Desember,” ujarnya.

Lomba ini, menurut Kabid Humas Polda Kaltim, tidak hanya mewujudkan Polri yang semakin terbuka pada kritik, tetapi juga siap menjadi pendengar aspirasi masyarakat, sehingga Polri sebagai pelindung, pelayan, dan pengayom masyarakat tidak hanya menjadi semboyan belaka.

“Ini bentuk komitmen Polri untuk menghargai aspirasi dari masyarakat, karena penyampaian pendapat, dijamin di dalam Pasal 28 Undang Undang Dasar 1945 dan Undang Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum,” jelas Kombes Pol. Yusuf Sutejo.

Dalam lomba ini, peserta bebas menyampaikan orasi berisi kritikan dan masukan yang membangun, sebagai aspirasi seorang warga negara, namun tetap santun dan tertib.

Lomba Orasi tersebut diikuti oleh 5 tim dari berbagai kalangan masyarakat di Kaltim yang beradu orasi dihadapan para juri. Juara 1 yang terpilih di tingkat Polda nantinya akan dikirim video orasinya ke Jakarta untuk selanjutnya diseleksi di tingkat pusat. [*/hfd]

 27,462 total views,  2 views today