PCR, Alat Uji Swab Covid-19 Segera Dioperasikan di Balikpapan

PORTALBALIKPAPAN.COM – Alat uji pendeteksi virus corona polymerase chain reaction (PCR) segera dioperasikan di Balikpapan. Alat bantuan dari Kementerian BUMN ini telah ditempatkan di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan.

Pagi tadi (6/5) Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Balikpapan yang juga Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi berkesempatan meninjau alat tersebut. Peninjauan dilakukan bersama GM Angkasa Pura I Bandara Sepinggan Farid Indra Nugraha, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi, GM Refinery Unit V Pertamina Mulyono dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty.

Direktur RS Pertamina Balikpapan Syamsul Bahri mengatakan, setelah alat ini datang, besok rencananya akan tiba teknisi dari Roche dan Puslitbangkes Jakarta yang akan memberi pelatihan pengoperasian kepada SDM di RSPB. Setelah pelatihan sekaligus instalasi, alat PCR ditarget dapat beroperasi Senin depan.

Walau sudah ada alat PCR, namun saat ini RSPB juga tengah menanti tibanya ekstraktor yang merupakan kelengkapan dari PCR. Dengan adanya ekstraktor, proses pemeriksaan sampel akan lebih cepat, walaupun saat ini juga bisa dilakukan secara manual. Jika seluruh kelengkapan alat tiba, maka alat PCR dapat digunakan untuk menguji maksimal 384 sampel selama kurang dari 40 menit.

 6,576 total views,  1 views today

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.
Filed in

5000 Bantuan Paket Sembako Dari Presiden Akan Tiba di Balikpapan Pada Tanggal 8 Mei 2020

Pemerintah Kembali Ijinkan Semua Moda Transportasi Beroperasi Kembali