Update Covid-19 Hari Ini, Tidak Ada Penambahan Pasien Positif

FOTO: Instagram/pemkot_balikpapan

PORTALBALIKPAPAN.COM – Terkonfirmasi tujuh pasien positif dari laboratorium RS Pertamina Balikpapan. Ketujuh orang itu merupakan pekerja dari perusahaan luar Balikpapan yang kemudian datang ke Balikpapan untuk melakukan pemeriksaan uji Covid-19 di RS Pertamina Balikpapan. Dan kemungkinan besar tertularnya bukan di Balikpapan.

Setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi, maka data ketujuh pasien tersebut masuk ke data kabupaten asalnya di Kaltim. Sehingga tidak ada penambahan pasien positif di Balikpapan untuk hari ini.

Di samping itu, menyikapi perkembangan kenaikan kasus positif di Balikpapan, di mana sebagian berasal dari pekerja perusahaan pertambangan dan migas yang berada di kabupaten/kota di Kaltim selain Balikpapan juga dari luar Kaltim.

Maka, Pemerintah Kota Balikpapan akan bersurat kepada Gubernur Kalimantan Timur agar mengarahkan kepada perusahaan yang akan melakukan uji bebas Covid-19 bagi pekerjanya untuk melakukan pengambilan spesimen swab di fasilitas kesehatan kabupaten/kota masing-masing.

Langkah ini dimaksud agar apabila ditemukan hasil positif dari pekerja perusahaan tersebut tidak menjadi penambahan angka pasien Covid-19.Juga menekan terjadinya transmisi lokal, yang di mana dari 80 kasus positif di Balikpapan sampai hari ini, 19 kasus di antaranya akibat transmisi lokal.

Kemudian, mengingat kota Balikpapan saat ini memiliki dua fasilitas untuk mendiagnosa infeksi Covid-19 yakni PCR di RS Pertamina Balikpapan dan TCM di RS Kanujoso Djatiwibowo, sehingga banyak perusahaan yang secara mandiri melakukan pemeriksaan swab test bagi pekerjanya untuk pergantian shift di lokasi.

Dengan usulan kepada Gubernur tersebut diharapkan dapat mendukung upaya Pemkot Balikpapan yang telah berhasil menekan transmisi lokal di Balikpapan yang ditunjukkan penurunan angka R-Nought 1,6 pada pekan pertama Maret 2020 menjadi 0,067 pada pekan pertama Juni 2020

Juga mendukung dimulainya relaksasi kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat untuk menuju kehidupan normal baru masyarakat yang produktif dan aman dari Covid-19. Dan mendukung Serat Edaran Wali Kota Balikpapan Nomor 551.43/0284/Dishub tanggal 1 Juni 2020 tentang Pengendalian Penumpang/Kedatangan di Pintu Masuk Kota Balikpapan yang mensyaratkan penggunaan swab test negatif bagi penumpang dengan KTP non Kaltim. ( Sumber: Pemerintah Kota Balikpapan )

 109,019 total views,  64 views today

Don't miss the stories followPortal Balikpapan and let's be smart!
Loading...
0/5 - 0
You need login to vote.

Menuju New Normal, Bandara SAMS Sepinggan Terapkan CS Online

Warung Makan Relawan, Makan di Sini Bayar Seikhlasnya