Waspada, Penipuan Modus Ngontrak Rumah, Motor Pemilik Kontrakan Digadaikan

PORTALBALIKPAPAN.COM – Seorang pemilik kontrakan di Balikpapan kena tipu oleh pengontraknya sendiri. Alih² dapat uang kontrakan, justru motor miliknya digadaikan pelaku.

Mulanya pemilik kontrakan di kawasan Jalan MT Haryono, Gang Masitah ini memasang iklan kontrakan di salah satu platform media sosial. Singkat cerita kemudian seseorang menghubungi dan menyatakan setuju untuk masuk kontrakan mulai tanggal 7 Januari 2023.

Namun, melalui chat wa, pelaku meminta ijin untuk masuk dahulu dan membayar kontrakan pada hari Senin 9 Januari 2023, dengan janji akan membayar langsung 2 bulan. Alasanya, uangnya belum cair.

Tiba hari Senin 9 Januari 2023, pelaku meminjam motor dengan alasan untuk mengambil uangnya yang baru cair hari itu untuk dibayarkan kontrakan.

Sekira pukul 14.00 Wita pelaku berangkat sambil membawa kasur miliknya yang sudah sempat dibawa masuk ke rumah kontrakan.

Ditanya kenapa bawa kasur, pelaku menjawab mau ditukar.

Hingga pukul 16.00 Wita pelaku tak juga kembali, namun tiba² pelaku mengirim chat dan membagikan lokasi ke pemilik kontrakan dan memberitahu agar mengambil motornya ke tempat itu.

Pemilik kontrakan pun mendatangi lokasi yang dibagikan dan terkejut begitu tiba di lokasi mengetahui motornya telah digadaikan oleh pelaku ke tempat tersebut.

Menurut pihak pemberi pinjaman uang, mulanya motor tersebut hendak digadai dengan nilai 4 juta, namun karena tidak ada surat lengkap dibawa saat itu, maka dipinjamkan sementara 2,6 juta, sisanya akan diberikan saat surat² sudah diserahkan.

Saat berita ini diunggah, motor sudah kembali ke pemilik kontrakan dan rencananya kasus ini akan dilaporkan ke pihak berwajib.

 3,481 total views,  34 views today